Seberapa Pentingkah Online Training Karyawan bagi Perusahaan

Senior lebih efektif mendampingi bila karyawan baru mengikuti online training
Jul 04 2018
admin

Online training karyawan memiliki peran penting dalam sebuah perusahaan dalam masa ini. Semakin berkembangnya era digital menuntut perusahaan menemukan SDM baru yang bisa mendukung kinerja dari perusahaan sesuai dengan visinya. Lantas seberapa pentingkah langkah ini?

Mencetak SDM Berkualitas

Tujuan utama dari pelatihan online adalah mencetak SDM perusahaan dengan kualitas mumpuni sehingga bisa membantu perusahaan dalam menjalankan roda ekonominya. Menemukan karyawan sesuai dengan kebutuhan bagaikan menemukan sebuah puzzle yang hilang. Pelatihan onlinelah yang akan membuat puzzle tersebut bisa lebih melekat dan tersambung dengan puzzle lainnya.

Banyak penelitian yang menyebutkan pelatihan online lebih tepat sasaran dibandingkan dengan pelatihan konvensional. Hal ini karena materi yang disampaikan secara online lebih mudah diterima daripada materi langsung. Apalagi pada akhir prosesnya akan ada tes yang menentukan karyawan sesuai dengan kemampuannya. Materi yang akan diujikan pun bisa ditentukan sesuai dengan masalah yang relevan dengan perusahaan.

Dengan banyaknya materi yang diberikan ditujukan untuk membuat karyawan lebih memahami detail perusahaan berikut dengan cara kerjanya. Sehingga diharapkan karyawan tidak perlu lagi waktu yang banyak untuk adaptasi. Dengan demikian kinerja karyawan dapat dimaksimalkan dengan optimal. SDM berkualitas bisa membuat perusahaan lebih baik lagi di masa mendatang.

Menghemat Anggaran Perusahaan

Anggaran untuk pelatihan training dalam sebuah perusahaan seringkali menjadi beban. Apalagi karyawan yang direkrut jumlahnya banyak sehingga membutuhkan biaya yang tidak sedikit untuk memenuhinya. Training karyawan baru membutuhkan dana untuk tempat, konsumsi, biaya trainer, dan masih banyak lagi biaya yang dibebankan. Tentunya bagi perusahaan yang tidak memiliki kesiapan akan kualahan untuk mencari dana tambahan.

Namun dengan menggunakan online training karyawan biaya tersebut bisa ditekan. Bahkan bisa menghemat uang perusahaan lebih dari 50% dari total yang harus dikeluarkan untuk biaya training. Kesannya online training memerlukan persiapan yang banyak dan mahal, namun sebenarnya tidak juga jika perusahaan bisa menggunakan online training management system. Bagi karyawan juga banyak keuntungan dan berhemat dengan tidak perlu melengkapi perlengkapan yang harusnya dibutuhkan. Jadi cara ini bisa menguntungkan dari kedua belah pihak baik perusahana maupun karyawan baru. Apalagi materi yang nantinya diberikan juga bisa diformat online sehingga tidak perlu membeli panduan lagi untuk lebih mengenal perusahaan.

Jangkauan Lebih Merata

Jaringan online bisa membuat seseorang terhubung dalam satu waktu meskipun jaraknya jauh. Inilah yang membuat proses perekrutan dan training bisa dilakukan dimanasaja dan kapansaja. Cara ini bisa membuat sebuah perusahaan menemukan SDM sesuai dengan kebutuhan yang diperlukan. Perusahaan juga tidak lagi dibebankan pada uang transportasi untuk membiayai keberangkatan karyawan pada masa training karena bisa dipelajari dengan seksama dari tempat karyawan itu sendiri. Bahkan baru-baru ini sudah ada fasilitas conference di internet sehingga bisa melakukan diskusi umum bersama-sama membahas tentang materi yang harus dikenal dan dipeljari selama menjalani masa online training karyawan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *