Mengenal Jenis Baja Ringan Dalam Dunia Konstruksi

atap rumah dengan bahan dasar metal
Aug 25 2018
admin

Secara umum baja ringan digunakan dalam pembuatan pagar, kawat, dekorasi, meubel, mobil, baja struktural dan sebagainya. Pada dunia konstruksi dikenal jenis spandek, bondek dan truss. Apa saja perbedaannya?

Bondek

Jenis baja ringan ini merupakan pelopor dari decking. Bondek bisa berfungsi sebagai bekisting, dan juga untuk tulangan positif dengan satu arah. Kelebihan penggunaan jenis baja ringan ini adalah waktu pengerjaan yang lebih cepat. Termasuk pula dalam pembuatan dan pembokarannya.

Bila akan dipadukan dengan konstruksi beton, maka material ini juga relatif gampang diaplikasikan untuk konstruksi beton ataupun baja. Bondek juga dapat digunakan langsung untuk plafon, yang memiliki kelebihan lebih tahan lama dan awet. Penerapan material ini menjadikan bangunan terlihat semakin rapi dan cantik.

Sebelum dilepas di pasar, maka bondek sudah melalui pengujian, seperti uji loading, kelenturan, dan kebakaran. Dengan begitu kualitasnya sangat terjamin, sehingga penggunanya akan merasa nyaman dan aman kala menggunakan konstruksi berbahan bondek.

Spandek

Jenis baja ringan ini umumnya diaplikasikan sebagai penutup atap atau genteng, dan bisa juga diaplikasikan sebagai dinding bangunan. Unsur estetika, keindahan dan kerapihan sangat terlihat saat menggunakan bahan baja ringan tersebut. Sekarang ini sudah banyak perumahan, industri, rumah makan dan sebagainya yang menerapkan jenis baja ringan tersebut.

Kelebihan dari pemakaian baja ringan ini adalah gampang dalam pemasangannya, dan lebih cepat untuk pengerjaannya. Bentuk dari jenis baja ringan ini adalah lembaran, sehingga semakin mudah dipasang. Komposisi dari baja ringan ini adalah silikon, alumunium dan seng dengan kombinasi yang pas.

Truss

Jenis baja ringan ini sangat cocok diaplikasikan pada gedung komersil, industri, perumahan dan sebagainya. Sama dengan kedua jenis baja ringan di atas, truss juga gampang dilepas dan dipasang kembali. Kelebihan lainnya adalah anti korosi, awet, kokoh, ringan, tahan gempa dan tahan lama dari paparan cuaca. Jadi sangat memadai juga untuk diaplikasikan sebagai rangka atap metal.

Pemakaian konstruksi dan atap baja ringan sudah semakin jamak di berbagai model bangunan. Oleh karena terbukti mempunyai banyak keunggulan. Nah, kalau anda ingin menerapkannya juga maka harus menggunakan vendor terpercaya dan berpengalaman untuk hasil terbaik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *