Meningkatkan hard skill melalui online learning

Perusahaan efektif dengan online training
Sep 20 2018
admin

Dunia kerja atau dunia profesional kini menuntut SDM untuk bersaing secara ketat, SDM yang tidak mampu bersaing dengan SDM lain akan dengan mudah tersingkir dari persaingan dunia kerja. Oleh karena itu menjadi penting untuk meningkatkan skill diri, baik itu melalui pendidikan formal maupun pendidikan informal melalui serangkaian training atau online learning yang sekarang tersedia secara bebas di dunia maya. Bahkan beberapa manajemen sudah menerapkan online training di perusahaan.

Ada dua skill yang sudah banyak dikenal orang dalam dunia kerja, yaitu soft skill dan hard skill. Soft skill merupakan suatu skill di luar kemampuan teknis dan akademis, dan lebih mengutamakan skill intrapersonal dan interpersonal. Contohnya kemampuan kita dalam menyelesaikan konflik dengan rekan kerja maupun atasan. Sedangkan hard skill merupakan skill yang bersifat lebih kepada teknis pekerjaan dan kemampuan akademis seseorang. Contohnya kemampuan dalam mengoperasikan suatu mesin produksi. Untuk bisa mendapatkan jenjang karir yang baik di dunia kerja, keseimbangan antara kedua skill tersebut adalah penting. Tanpa keseimbangan kedua skill tersebut, akan sulit bagi seorang karyawan dalam mendapatkan promosi di tempat kerjanya.

Dalam artikel ini kita akan lebih membahas mengenai hard skill. Di dunia profesional hard skill yang kita miliki biasanya akan menuntun kita pada posisi dan jenis industri perusahaan dimana kita akan bekerja. Contohnya ketika kita mempunyai keahlian dalam menggunakan program AutoCAD atau SolidWorks, maka biasanya bidang industri yang akan kita geluti nanti akan seputar industri otomotif, mesin, atau kerajinan. Karena keahlian ini memampukan kita membuat suatu desain produk juga cara kerja produk yang ingin kita buat. Contoh lain jika kita punya keahlian dalam bahasa asing, seperti bahasa Jepang, maka biasanya kita akan melamar di perusahaan Jepang, baik itu biasanya sebagai posisi penerjemah.

Lain cerita jika kita memiliki kemampuan mengenai hal teknis dan bekerja di perusahaan Jepang, pasti kita akan mendapatkan posisi yang lebih tinggi karena selain dari segi bahasa yang mendukung kita juga memiliki pengetahuan teknis yang memudahkan komunikasi dengan pemilik perusahaan. Untuk itu semakin banyak hard skill yang kita kuasai dengan fokus pada bidang tertentu, hal tersebut tentu akan memberikan nilai tambah tersendiri. Sehingga orang yang ingin mendapatkan posisi karir yang lebih baik, biasanya selain menempuh pendidikan formal, masih menambah skill dengan mengikuti online learning agar diharapkan kompetensinya bisa lebih unggul dari SDM lain.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *