Yuk Cari Tahu Langkah Pemasangan Rangka Baja Ringan

Ilustrasi bangunan berstruktur baja ringan
Oct 28 2018
admin

Struktur baja ringan merupakan suatu bentuk rangka untuk atap yang dapat terbuat dari material – material dengan mutu yang tinggi. Struktur atau rangka baja ringan ini terbuat dari baja yang dikenal sebagai hi – ten G550 dengan lapisan logam seng dan juga aluminium. Struktur baja ringan ini merupakan sebuah produk baja yang dapat dibentuk hingga ketebalan yang sangat kecil dan ditarik untuk dapat memenuhi kekuatan sesuai dengan standar yang telah ditetapkan. Struktur baja ringan ini juga telah lolos dalam uji sehingga dapat diinjak serta menahan genteng – genteng hingga mencapai 10 tahun jangka waktunya, tak hanya untuk huntara (hunian sementara) saja.

Nah, sekarang bagaimana sih cara menggunakan atau memasang struktur baja ringan tersebut? Untuk lebih jelasnya, yuk simak informasi berikut ini mengenai cara pemasangan struktur baja ringan untuk atap.

Pembuatan kuda – kuda  yang terdiri dari 3 bagian utama

Pembuatan kuda – kuda ini adalah langkah pertama dalam penggunaan struktur baja ringan ini. hal ini digunakan supaya struktur baja ringan ini dapat membentuk suatu kerangka atap yang kita inginkan ditambah dengan nilai keselamatan yang tinggi. Ada 3 tahap yang perlu Anda lakukan, antara lain : Pemasangan sambungan atas struktur baja ringan ( top chord ), tumpuan struktur baja ringan pada dinding rumah ( pitching point ), dan pemasangan skor pemaku ( web ).

Mendudukan Struktur Baja Ringan yang telah dipasang pada dinding dengan menggunakan bracket L.

Langkah kedua yang perlu dilakukan adalah mendudukan struktur baja ringan ini pada dinding yang akan digunakan sebagai penumpunya. Proses ini dipasang pada daerah pitching point. Nah, untuk produk bracket L sendiri dapat Anda temukan di toko – toko bangunan. Produk ini merupakan buatan pabrik namun ada pula yang dapat dibentuk sendiri dengan menggunakan profil C. pemasangan ini menggunakan alat yang bernama dynabolt.

Pemasangan Reng Struktur Baja Ringan dengan Menggunakan Profil Reng

Langkah selanjutnya adalah pemasangan reng struktur baja ringan. Pemasangan ini dilakukan tepat di atas bagian kuda – kuda struktur baja ringan yang telah dibentuk dan di pasang sebelumnya. Untuk masalah jarak pemasangan dapat disesuaikan dengan jenis atap ( genteng ) yang nantinya akan Anda gunakan untuk rumah Anda.

Memasang Lisplang

Langkah selanjutnya adalah memasang bagian lisplang. Untuk proses ini, Anda dapat menggunakan lisplang GRC atau jika tidak ada, Anda dapat menggunakan lisplang polos dan juga urat kayu.

Memasang Sebuah Atap Penutup

Nah, pemasangan atap ini merupakan langkah terakhir dalam menggunakan struktur baja ringan sebagai sebuah pondasi atap Anda. nah proses pemasangan atap penutup ini dapat Anda lakukan dengan berbagai jenis atap ( genteng ) seperti genteng keramik, genteng batu, genteng metal berpasir atau yang tak berpasir, dan macam – macam genteng lainnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *