Strategi Caleg di Pemilu Legislatif 2019

pemilu legislatif 2019
Dec 06 2018
admin

Pemilu legislatif 2019 kini sudah memasuki masa kampanye sejak 23 september 2018. Kini saatnya para Calon Legislatif bertarung merebut perhatian dari pemilih di daerah pemilihan mereka. Bagi caleg Kabupaten kota, kontestasi mungkin akan sedikit berkurang karena masing-masing calon pastinya sudah memiliki daerah yang akan menjadi kantong perolehan suara. Bagi calon legislatif provinsi serta nasional akan sedikit merasa kesulitan untuk mendapatkan suara di daerah yang bukan asal daerah kelahiran mereka atau bahkan bagi caleg yang baru pertama kali mengikuti pemilu legislatif. Jika anda caleg yang baru akan berkompetisi dalam pemilu legislatif 2019, berikut adalah cara agar anda bisa melakukan pendekatan kepada calon pemilih.

  1. Pendekatan marketing. Pendekatan ini merupakan strategi dalam mempengaruhi pikiran pemilih untuk menjatuhkan pilihan politik mereka kepada anda. Dalam hal ini, pemilih akan menentukan pilihan mereka berdasarkan pemikiran mereka. Dengan pendekatan ini, peran media sangat penting. Media bisa digunakan oleh caleg dalam membangun citra, membentuk isu-isu yang berkaitan dan akan mempengaruhi public, serta membangun perasaan emosional dan empati.
  2. Mendongkrak popularitas. Hal ini berkaitan dengan tingkat elektabilitas caleg. Caleg yang populer akan memiliki peluang lebih besar untuk terpilih daripada caleg yang belum terkenal luas di masyarakat Indonesia. Banyak cara yang dapat dilakukan untuk mendongkrak popularitas, salah satunya adalah dengan melakukan silaturahmi secara mendalam dalam daerah anda.
  3. Kenali medan perang. Sebagai calon anggota legislatif yang akan mewakili daerah anda, seorang caleg harus mengenal seluk beluk medan yang akan ditempuh. Ketahui kebutuhan serta isu uang melekat pada daerah pemilihan anda untuk pemilu legislatif 2019 nanti.
  4. Bangun popularitas dengan membangun kepribadian yang akan membuat anda dikenal oleh masyarakat luas. Bangun karakter sebagai caleg yang mampu mengayomi masyarakat, mampu mewakilkan suara rakyat, sebagai visioner yang cerdas, serta memiliki akhlak terpuji.
  5. Membentuk tim yang dapat membantu anda dalam membangun karakter anda dan memperluas jaringan. Buatlah tim yang akan membantu dalam mensupport seluruh urusan, mempublikasikan kegiatan anda dalam kampanye baik secara online maupun offline.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *