Genset Open vs Genset Silent

Genset Silent Murah
Dec 14 2018
admin

Genset merupakan akronim dari “Generator set” yang berarti suatu perangkat yang terdiri dari generator (sebagai pembangkit listrik) dan mesin penggerak yang digabungkan menjadi satu sehingga menghasilkan tenaga listrik dengan daya tertentu. Pembangkit listrik pada genset bekerja dengan tenaga mekanik berbentuk motor atau piston hingga terjadi pembakaran internal. Bahan bakar yang digunakan dapat berupa bahan bakar solar, bensin atau gas. Sehingga pada prinsipnya genset dapat mengubah energi kinetik menjadi energi listrik.

Michael Faraday adalah penemu genset listrik yang pertama pada tahun 1831. Genset listrik tersebut awalnya terbuat dari kawat besi berbentuk “U” yang dililitkan dengan suatu gulungan kawat. Karena hal tersebut maka nama genset listrik pertama dikenal dengan nama Generator Cakram Faraday. Genset tersebut bekerja dengan prinsip memutar kumparan dalam medan magnet hingga muncul energi induksi atau dikenal sebagai induksi elektromagnetik.

Genset biasa digunakan sebagai cadangan sumber energi listrik di tempat-tempat yang sebenarnya sudah terjangkau listrik. Biasanya tempat-tempat seperti gedung perkantoran, kawasan industri yang menuntut listrik selalu ada selama hampir 24 jam, maka adanya genset adalah hal yang wajib dipenuhi. Tetapi, genset juga bisa dijadikan sebagai sumber listrik utama, seperti pada proyek pembangunan, tempat-tempat terpencil dan lain sebagainya. Jenis genset yang digunakan pun umumnya dibagi menjadi dua yakni genset open (terbuka) dan genset silent (tertutup).

Setiap genset tersebut memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing, tergantung dari bagaimana genset tersebut diaplikasikan. Dalam artikel ini kita akan coba mengenal dua tipe genset tersebut (open dan silent). Dengan harapan, agar kita bisa menentukan mana yang lebih cocok untuk kebutuhan kita.

1. Genset open

Biasa dikenal sebagai genset dengan kondisi mesin yang terbuka. Yang dimaksud terbuka disini adalah bagian mesin genset tidak ditutup oleh dinding atau plat baja, sehingga biasanya jenis genset ini akan menimbulkan suara yang bising. Oleh karena itu sebaiknya genset open ditempatkan di ruang terbuka jauh dari gedung utama sehingga tidak mengganggu aktivitas lingkungan sekitar. Walaupun bising, genset open umumnya memiliki harga yang relatif lebih murah dibanding genset dengan tipe silent. Jenis genset open biasanya menggunakan jenis bahan bakar solar atau bensin. Kelebihan lain dari genset open adalah mudah di bongkar pasang. Karena mesinnya tidak tertutup dinding peredam sehingga ketika dilakukan perawatan mesin, part-partnya akan lebih mudah dilepas dan dipasang kembali

2. Genset silent

Merupakan genset dengan kondisi mesin tertutup oleh canopy box. Pada dinding canopy box terdapat busa ‘soundproofing’ yang dapat mengurangi suara bising mesin yang dihasilkan oleh genset. Sehingga jika denah area kerja tidak memungkinan untuk menaruh genset pada posisi yang jauh dari gedung utama tempat karyawan bekerja, sebaiknya anda memilih jenis genset silent ini agar aktivitas lingkungan sekitar tidak terganggu. Kelebihan dari mesin yang tertutup oleh canopy box adalah genset silent ini hanya membutuhkan perawatan yang lebih sedikit dibandingkan genset open, karena mesin menjadi tidak mudah kotor karena kontaminasi benda asing dari luar. Untuk harga sendiri, Anda bisa cari genset silent murah ke toko-toko penyedia genset terdekat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *